Tentang helm KYT K2 Rider, “in motogp edition”. Ini mirip HJC RPHA.

Hallo brosist, sebeneranya helm ini sudah lama berdar dijalanan, dan mungkin sudah banyak pula yang mereview. Tapi gak papa lah kalo saya bahas sedikit soalnya saya ada sedikit unek unek nih brosist tentang bentuk si K2 Rider ini.

To the point aja ya brosist, helm ini mirip HJC RPHA. Hahaha gilo lu asal nyeplak aja tu bibir.?! Yuk kita bahas brosist kenapa saya berani bilang miri HJC RPHA.

Ada 3 item yang menurut saya membuat K2 rider ini memiliki kemiripan.

1. Ventilasi di moncong dan di atas, keduanya memiliki 2 ventilasi moncong besar dan beraksen gril besi yang sama. Untuk ventilasi atas memang tidak begitu mirip, tapi penempatan yang berada di ujung samping bagian atas ini membuatnya sekilas sama

2. Memiliki bentuk Shield (cangkang) yang sama. Jika helm kebanyakan cenderung berbentuk oval atau bahkan menajam maka tidak dengan HJC RPAh. Cenderung lebih mengkotak jika dilhat dari depan. Dan membulat dengan ujung mengkotak di ujung2 nya jika dilihat dari samping. Desain ini memang RPHA banget ibarat AGV dengan Pistanya, jadi begitu ada desain helm yang mirip pasti akan langsung konek ke desain pelopornya.

3. Acsesoris dan perintilanya.

Spoiler belakang, karet belakang, racet, lis karet bahkan karet penghalang hawa nafas pun desain dasarnya mirip loh brosist. Tidak sama plek, tapi sekilas mirip.

Gimana setuju gak sama pendapat saya? Semuanya sh terserah brosist aja masing2 punya pendapat sendiri. Entah ini disengaja atau tidak, atau ada kerjasama atau tidak belum ada infonya lagi brosist. Tapi dibalik semua itu ada beberapa keuntungan yang kita sebagai biker dapat. Yup dengan harga helm yang masuk kategori enteri level ini kita dapat model yang sebelas dua belas dengan HJC RPHA yang pernah di pakai Lorenzo di Motogp, atau banyak pembalap di ajang balap motor lainya.

Sekian dulu kesan pertama sekaligus unek2 yang dari dulu pingin saya ungkapin tentang K2 Rider ini, semoga berguna brosist. Buat saya ini helm keren.!

Next kita akan Review lebih detail lagi tentang si K2 Rider ini…Chiaooo

Iklan

Pengalaman “Riding” di jalan Toll Cipali, jadi ini alasanya motor dilarang masuk Toll..

imag2039

Gerbang Toll Palimanan

Masih dalam suasana lebaran brosist, ada unek unek ketika dulu mudik menggunakan sepeda motor, kalo di pikir2 enak juga yah pemobil punya jalur lancar lurus dan mulus kalo perjalanan antar kota? Lalu kita pemotor / atau peturing malah harus macet2n di jalan biasa,? Belum lagi jalur nya yang berkelok2 menyesuiakan kontur daerah yang dilalui,? Kecepatan rata2 pun palimg di kisaran50-70km/ jam. Beda ketika mengendarai mobil di jalan Toll, kecepatan bisa konstan tanpa hambatan di 80-120km/jam.

Untitled.png

Jarak Tempuh Subang-Palimanan

Wajar saja brosist sebagai Biker pasti ada pikiran seperti itu. Nah berkaitan dengan riding di jalan Toll Alhamdulillah saya pernah mencobanya, Jalan toll di Indonesia lagi brosist, loh kok bisa kang bro? Nanti kita jabarin. Artikel in juga akan menjawab secara tekhnik kenapa Riding di jalan Toll Indonesia motor masih dilarang. Cekkidot broww.

Riding di jalan toll ini saya lakukan di jalan toll Cipali sehari sebelum toll ini di resmikan, Jadi saya riding di proyek jalan toll yang sudah jadi brosist alias siap pakai. Ko bisa? Bisa lah kan saya kerja di proyek ini hahahah

Foto UDara Toll Cipali

Foto Udara Toll Cipali

 

Kami ber 4 riding ba’da subuh brosist, selesai salat subuh kita ber 4 kumpul di gerbang toll subang. Ada Om Benny nugroho (Suzuki Inazuma), Kang Dadang Widaswara ( Pulsar 200ns ) dan satu lg temanya (Honda CBR 250). Sengaja riding subuh karena kata Om Benny ada sunrise yang bisa kita lihat dari Toll Cipali.

video0093_0000038793.jpg

Start dari Gerbang Toll Subang

Pertama masuk jrenggggg ini jalan luas banget, lurus selurus2nya. meskipu saya sering ke site tapi beda feelnya kalo menggunakan motor brosist. Tanpa buang2 waktu kita langsung gas menyusuri jalan toll dengan kecepatan 60-70km/jam konstan. Saya agak minder juga sih dengan ketiga motor lainya, secara mereka 200-250cc dengan skil bawa motornya yang cepat udah gitu jalanya lurus lagi. Tapi ternyata enggak brosist. Selain saya yang mencoba tetap menempel mereka ber 3 ternyata biker yang gk suka ninggalin. Alhasil aman.

setelah riding beberapa menit akhirnya matahari mulai menampakan sinarnya, di area perkebunan yang terbuka luas matahari terbit terexpose sempurna, kuning ke jingga jingaan. ya meskipun tidak sebagus sunrise di pantai. berikut beberapa jepretan yang bisa kami abadikan.

 

selesai foto-foto kita lanjut riding kembali, tujuannya jelas pintu toll Palimanan, kita pingin jajal brosist. di Toll power motor dan top speed motor kita yang tertahan karna macet, lampu merah dan trek lurus tidak akan kita temukan brosist. bebas mau gigi 6 high rpm pun lancar jaya, beberapa dari kami mencoba akselerasi dan top speed,

ff

Untuk Vixion saya sendiri saya berhasil mentok diangka 121km/jam, itu udah rpm mentok dan gigi 6 loh brosist. Di kecepatan segitu motor udah ngambang, posisi badan nunduk full. Asli di sini si vixion saya siksa brosist. Karna ada saatnya kita ber 4 gas full gigi 6 dan panteng terus tanpa henti di RPM 9500n, selama 30menit loh brosist. Dijalanan biasa mana bisa hahah. Tapi ya lama lama kasiam juga sih motor di suruh teriak terus, mana vixion itu suaranya agak kasar lg. Ya sudah meskipun jalan memungkinkan akhirnya kita riding nya di angka 80km / jam dengan RPM 7000-8000n lah Angka segitu cukup rilex untuk mesin.

IMAG1955

Jalan Toll Baru Sebaru-barunya

Sampai di Majalengka kita keluar dulu untuk cari sarapan, iya donk brosist, riding dari subuh kan perut belum di isi. Selesai isi perut lanjut lagi perjalanan, nah yang seru ini nih, tepatnya pukul 9 pagi angin mulai berhembus, di tambah perut yang terisi kenyang, lalu jalanan yang lurus monoton, aspal mulus, membuat mata ini ngantuk. Asli ngantuk sengantuk2nya. Hampir setengah jam saya menahan ngantuk untungya bisa hilang dengan sendirinya. Salah satu point minusnya riding di jalan toll nih brosit.

Lanjut terus menuju siang angin berhembus tambah kenceng brosist, asli bahaya bgt ini, motor serasa di tabok ke kiri dan ke kanan. Pernah terhempas angin turbulensinya bus? Rasanya 2x lebih kuat brosis. Tau sendiri kan toll cipali lapang nya seperti apa? Kebayang kalo kita riding bareng sama mobil di toll tanpa pembatas dan penyesuaian. Ngeri brosist.

 

Setelah sampai di Pintu toll Palimanan kami berphoto sejenak, mengabadikan beberapa moment yang sepertinya gak bakal bisa di ulang seumur hidup. Perjalanan pulang kita tempuh nonstop dan mencatatkan waktu 1jam 15 menit untuk jarak 77km Dengan rentan kecepatn 60-80km/jam, (gara-gara angin sih) Ya meskipun jalan lurus begini tetap saja motor cc kecil gk bisa berbuat banyak di toll kalo masalah efisiensi waktu. Thanks banget buat Om Benny Nughroho. I love U om… Hahaha

Chiaooo….

Tips Mudik pakai motor ala Marley Yusuf, karna riding sewaktu mudik itu berbeda.

Selamat menjalankan ibadah puasa brosist, mudah2n puasa kita lancar dan penuh dengan pahala. Aminn… Oh ya sekarang ini kita udah puasa di hari ke 15 brosist. Lebaran mash jauh yah ? Begitu pun THR. Heee tapi gk papa persiapan mudik lebih baik dilakukan dari jauh2 hari lebih baik brosis. Supaya kalo ada yang kurang bisa kita siapin sebelumnya, kalo persiapnya mepet susah dan pasti gak perfek dan ribet nantinya.

Pemudik Sepeda Motor

Mudik Like Salmon’s Migration

Oke deh langsung kita bahas satu2 ya brosist :

1. Persiapan Motor

Persiapan motor nya gampang brosist saat dipake harian coba rasakan apa yang kurang dari motor ini. Rasakakan rem, lampu, shockbreaker, kaki-kaki, dan lain-lain. Service motornya jauh2 hari sebelum mudik. Lebih enak sh di saat puasa ke 5-15. Kalo lebih dari itu bengkel biasanya penuh brosist, apalagi yang tinggal di jabodetabek.

Paling ringan sh ganti oli brosist, kalo ada yang musti di ganti ganti saja sekalian. Biar tenang nanti di jalan. Sambil ngobrol ringan aja sama mekanik kalo motor ini mau dipakai mudik, pasti mekaniknya bakalan kasih tau kesiapan motor kita. Oh iya surat surat-suratnya juga yah brosist Wajib itu.

2. Persiapan perlengakapan.

Nah ini penting nih. Mudik pake motor kalo bawa barang pasti lebih ribet daripada pakai mobil. Pake mobil sih gampang tinggal masukin bagasi. Kalo motor? Pasti kudu di pikirin dulu ini mau taruh dimana itu mau taruh dimana? Ya kan?.

Caranya gini brosis, siapin dulu barang apa aja yang mau kita bawa, jangan banyak2 yang benar2 kita perlukan saja. Baju, celana, perlengkapan mandi, perlengkapan riding, gadget, dan toolkit motor. Itu saja yang utama. Oleh-oleh? Boleh bawa tapi jangan berlebihan, bawa kurang lebihnya sepertiga storage yang kita punya.

Setelah kebayang mau bawa apa saja sekarang baru pikirin storagenya. Kalo saya sh cukup satu ransel besar penuh lalu di ikat di jok belakang. (pake motor batangan bawanya dikit). Ini mengurangi beban di tangan dan pundak sewaktu kita riding nanti. Siapin juga tali2nya, saya sih biasanya pakai tali serat karet yang udah ada pengaitnya, yang biasa di jual di tukang aksesoris gt. Kelebihan pake ini adalah kita gampang lepas pasangnya Kalo mau istirahat, barang kan jadi gampang di bawa masuk.

3. Bawa peralatan motor.

Gak usah semuanya kita bawa brosist, cukup beberapa saja, obeng min plus, tang, kunci busi, beberapa kunci pas, kunci inggris, gunting dan pisau. Itu sudah cukup brosis. Simpan di bagasi motor yah, kalo di tas bawa besi-besian pasti berat. Peralatan ini pasti perlu deh entar pas di jalan. Biasanya banyak hal sepele yang gak diduga.

cruz_toolsrtb1_bmw_tool_kit

Nah kalo mudiknya pake motor yang lumayan berumur beda lagi, biasanya alat kudu lebih lengkap dan bawa sparepart fast moving buat jaga2. Kebutuhanya sh berbeda-beda tergantung motornya. Contohnya nh, kabel kopling, kabel gas, busi, baud, kabel ties dan lain sebagainya. Biker pasti lebih ngertilah karakter tungganganya. Hee

4. Persiapkan rute

Sekarang kan ada google maps nh, nah disitu brosist bisa cek mana jarak paling jauh, mana jalur yang rawan macet, mana jalur alternatif yang enak, mana jalur alternatif yang gak enak dan bahaya. Yang suka pulkam bawa motor pasti tau. Intinya pilihlah jalur yang kira2 enak buat brosist, tinggal di timbang2 saja.

Setelah terpilih siapin patokanya mana saja. Misal dari kota A terus ke kota B terus ke kota D baru ke F, kita bakalan lewat mana saja nh. Ini penting ketika nemu perempatan dan membaca petunjuk arah kota brosist.

Selain itu brosist juga bisa pasang GPS hp di motor, mirip peruring jarak jauh lo sob.hee

5. Persiapana Fisik dan Mental

Nah yang paling penting ini nih.. Persiapkna mental kita brosist, saya pernah mudik dari Bekasi ke Kota Banjar dengan waktu tempuh 13 jam, padahal normalnya 8-9 jam, molor 4 jam brosist. Padahal itu pakai motor loh. Waktu itu H-3, asli macet2 nya brosist udah kaya migrasi ikan salmon saja pemandangan nya.

Di Karawang stuk benar2 gak gerak, Badung macet karna kotanya, nagreg, jalan merarap cuma jalan semeter-semeter, limbangan sampai tasik musti selap selip diamtara mobil yang lagi merayap. Asli nguras emosi dan fisik brosist. Jari2 pegel naudzubilah nengkep kopling.

Nah di situ kita di uji brosist, tetep kalem dan bahagia saja. Ini loh rasanya mudik. Hee pokonya sesekali bayangin orang yang kita cintai di rumah agar tetap semangat brosist.

6. Bawa uang cash secukupnya.

Jalan jauh memang butuh duit yang lumayan brosist tapi gak musti bawa duit cash banyak2 ko, cukup bawa cash untuk beli bensin, makan dijalan, beli oleh2, dan dana cadangan kalo terjadi apa-apa. So kalo misalkam kita bawa duit cash semuanya trus terjadi kehilangan kan repot. Beda kalo bawanya sebagian, hilangnya juga sebagian kan..

7. Atur gaya berkendara,

Gaya berkendara yang paling cocok untuk jarak jauh/ mudik adalah gaya flowing atau mengalir, (istilah saya sendiri itu). Inti dari gaya flowing itu mengalir bagai air hingga menambah efisien saat kita dijalan. Betot gas secara perlahan gak menghentak, ngerem juga lembut perlahan, nyalip gak terlalu memaksa, rpm mesin stabil, dan kalau kondisi macet sabar mengantri.

Intinya gaya flowing sh gitu brosist, efek positifnya banyak loh. Mesin motor tetap terjaga sampai tujuan, rem gak ceper panas, bahan bakar lebih irit, badan gak cepet capek dan resiko kecelakaan juga berkurang. Flowing bukan berarti lambat yah, klo jalan kosong tetep gas pol juga kok. Tapi tetep diurut.

Untuk istirahatnya ideapnya sih kurang lebih 2 jam sekali, kalo macet sh biasanya lebih cepat lelah. Ya sesuain aja lah, jangan tunggu sampai benar-benar capek aja brosis, nanti proses recovery lelah tubuh juga lama. Bahkan kalo udah pegel banget biasanya gk ilang2 meskipun sudah diistirahatkan.

Ok sekian aja brosist tips mudik dari saya, semuanya saya tuangkan dari pengalaman saya. Mudah2n bisa berguna. Ingat yah persiapanya jangan mepet,, repot entar….

Chiaoo….

Kumpulan modifikasi Kawasaki Ninja 250 2018, fresh from Instagram

Hai-hai brosist, menyambung artikel terdahulu yang saya buat tentang desain ninja 250 2018 maka kali ini saya buatin artikel tentang kumpulan modifikasinya. Modifikasinya ringan saja brosist, hanya melepas spakbor belakang, ganti knalpot dan pasang aksesoris.

Di artikel sebelumnya saya sempat berpendapat kalo ninja 250 sebelumnya desainnya masih sedikit lebih baik dari yang 2018. Pendapat yang kurang yakin sh brosist mengingat memang ninja 250 2018 belum ada versi modifnya atau masih standaran. Jadi mash menunggu sampai sekeren apa ninja 2018 bisa di explore. Lalu apakah setelah ditemukanya beberapa ninja 250 2018 yg sudah dimodif tersebut merubah pendapat saya? Yuk kita bahas brosist.

Ninja 250 versi 2018 seperti yang saya bilang kemarin menggunakan desain utama yang sebelas duabelas sama h2, ujung depan mengkotak dan landai. Lalu buritanya pendek dan lumayan tinggi undakanya. So akan sangat mudah sebenarnya jika ninja 2018 di modif ala Kawasaki H2.

Benerkan mash satu tarikan bentuk utamanya? Hanya saja ini mash olah digital brosist, beda kalo modif beneran. Bakalan banyak yang di rubah untuk lebih mendekati si H2. Salah satunya saja lampu depan. Pemilik harus rela mengganti lampu depanya dengan sepasang air ram besar. Karna memang di posisi itu H2 adalah air ram.

Atau mau di tutup aja bisa, pakai gril kaya kacamata yang garis2 itu biar lampunya seperti air ram tapi tetep bisa terang kalo dimyalain.

Nah berikutnya sih beberapa foto Ninja 250 yang saya kumpulkan dari instagram. Karna foto-foto dari instagram adalah foto pribadi dan motor pribadi maka angel dan hasil gambar kurang lebih sama dengan kenyataan dan sama dengan foto hasil kamera yang kita punya.

Ok deh silahkan di simak sambil santai brosist.

Gimana brosist, udah mulai bisa memukam beberapa kegantengan Ninja 250 2018 ini? Klo belum tenang, mash ada lagi..

Sepertinya fairingnya terlihat lebih tinggi dan besar yah?

Sejujurnya sih desain si ninja 2018 ini tinggal disempurnakan saja brosis, kasih aksen dan detail pemanis si ninja udah ganteng dan sangar. Hee pendapat saya sh kekeuh brosis ninja 250 yg sebelumnya masih sedikit unggul brosist, proporsi dan desainya mengalir dan proporsional dari depan tengah sampai belakang..

Ok sekian dulu brosis itu sih pendapat saya, selera saya, pasti diantara brosis semua punya pandangan tersendiri. Mudah2 bisa menjadi bayangan buat yang mau minang ntar, secara di beberapa daerah ninja 2018 masih jarang kelihatan..

Chiaoo….

Nyoba Rokok Forte Cigarete rasa Menthol.

Apa kabar brosist,? masih soal rokok dan masih tentang rokok Forte kali ini saya coba ngicip rokok forte yang mentholnya. Kira-kira bakalan kaya gmn nh rasanya american blend ditambah rasa menthol.., apakah sama seperti kebanyakan rokok american blend lainya? Cekidot brosist.

Pertama kita bahas kemasan dan tampilanya dulu yh. Ukuran sama seperti Forte original ukuranya kecil, ya diameternya sedikit di bawah rokok mild dan panjangya juga lebih pendek. Satu bungkusnya berisi 20 batang, kemasanya beraksen klasik brosis banyak aksen2 khas latin dengan warna coklat kekuningan dan beberapa krem. Lalu dipadukan demgan warna utama hijau telor asin sebagai penanda menthol yang memberikan kesan modern sedikit.

Kertasnya sama seperti forte original. Warna coklat dengan corak seperti daun, klaim mereka sh itu kertasnya memang dari daun tembakau. Lanjut ke batang rokoknya dibagian belakang atau filternya di kasih warna hijau telor asin Juga sama seperti aksen bungkusnya. Agak unik juge sekaligus aneh melihat nya sedang terselip di tangan sambil di hisap. Cukup mencolok warnanya.. Coklat dan Hijau telor asin. Seperti warna cat rumah.hahaha

Lalu rasanya. Karakter pertamanya ketika di hisap hmmm rokok ini enak. Tidak gatal di tenggorokan meskipun rasa American blend nya masih ada. Asli ini enak. Rasa mentholnya juga ringan. Tidak terlalu kuat seperti LA menthol dan sejenisnya. Tidak bikin mual. Pas sekali.

Dirasa2 setelah beberapa batang, rasanya mirip marlboro menthol dengan menthol yg sdikit lebih ringan. Jika di presentase mentholn dan American blendnya sih 50:50.

Dengan ukuran yang kecil dan pendek rokok ini begitu cepat habis. Hmmm rasa rasanya sh cocok buat pegawai kantoran yang punya waktu sedikit ngerokok di jam kerja. Hee yang musti keluar ruangan dulu kalau mau merokok.. Hee

Ok segitu aja dulu reviewnya brosist, singkat saja karna memang selebihnya hampir sama dengan forte original..

Chiaoo..

Ganti headlamp Yamaha New Vixion lightning (NVL) dengan New Vixion Advance (NVA), serasa lepas dari kutukan selama bertahun-tahun

Selamat pagi brosist, gimana puasanya masih segerkah? Oh iya masih ingat dengan sinchan gk? Tau kan yah? Nah di akhir tahun 2012 lalu tepatnya tahun kelahiran New Vixion Lightning (NVL), sinchan menjadi julukan untuk headlamp NVL tersebut. Banyak banget meme, foto-foto yang menganugrahi NVL dengan sebutan muka Sinchan.

vixchan6

Sadis yah biker Indonesia,? Hahaha. Yah memang harus diakui sih itu headlamp mukanya Sinchan banget, dagunya sedikit membulat, mukanya lebar, dan jidatnya tinggi. Duh sakit hati sepertinya desainer NVL ini begitu tau di jelek-jelekin karyanya. Haahaaa

2013-01-30 17.29.18 - Copy

Tampak Depan Yamaha New Vixion Lightning

Sebagai pemilik NVL beberapa bulan setelah minang si NVL saya langsung coba cari headlamp untuk pengganti headlamp NVL tapi belum ada yg cocok, headlamp bebek terlalu kecil dan kurang terang, ada kedok NVL malah bikin bentuknya tambah aneh.

Disitu saya sadar dan merenung bahwa “headlamp/wajah sebuah motor merupakan salah satu jati diri sebuah nama NVL, dan gak pantes kita ganti dengan merk atau type lain”. Sorry to say yah buat yang suka ganti pake ala-ala motor lain.

akhirnya saya hanya bisa menutup bagian pinggirnya dengan skotlite agar wajahnya tirusan. Selama 3 tahun loh, duhhh sampai akhirnya keluarlah NVA dengan wajah yang lumayan keren. Eh keren deh.. Beli 2013 ganti headlamp 2015. Haaaa

Berapa duit yang harus disiapkan? Chek this tabel.

my_picklist

Daftar Part Headlamp NVA lengkap

Alhamdulliah gk lebih dari 500rb, masih terjangkau dan sangat mudah untuk membeli sparepat yamaha. Gak perlu nyari penjual khusus brosist, tinggal datang ke dealer, order, kash DP, tunggu barangya dateng. Waktu itu bilangya seminggu dan ternyata cuma 4 hari barang udah datang.

Pemasanganya PnP brosist, dudukanya sama, bilang ke dealer aja pingin ganti headlamp dan pihak dealerpun bakalan merinci itemnya sampai bener-bener pas dan gak ada yang tertinggal.

Oke deh langsung aja lihat penampakanya setelah terpasang,

Gak wow banget sih, karna NVA hanyalah motor standar, tapi buat saya ini sebuah update kecil berpengaruh besar loh, serasa lepas dari kutukan selama bertahun tahum brosist. Buakakakakakak

Oke sekian dulu dari saya, buat saya keputusan mengganti headlamp dengan NVA solusi yg terbaik dan tidak Vulgar mengatasi kutukan Sinchan.

Chiaooo…

Review & Test Ride Yamaha N-max, produk global yang sukses di Indonesia

jc-4142

Yamaha N-max 125, (versi eropa)

Hallo Brosist, gimana kabar semuanya menjelang bulan Ramadan ini? pasti pada sibuk banyak acara yah. alhamdulillah ditengah kesibukan tadi saya ada waktu luang buat nulis di blog ini. kali ini saya mau ngebahas N-max Brosis, ya motor ini sebenarnya udah biasa banget di tahun 2018, udah umum banget sebenarnya di Indonesia, udah banyak berlalu lalang di jalanan, tapi buat saya sh N-max lebih dari sekedar motor skutik yang laris di Indonesia. saya melihat ada point-point menarik dari kemunculan dan kesuksesan N-max.

yamaha-nmax-155-front-view-full-image-397118

Tampak Depan Yamaha Nmax Hitam

point-pont tersebut bakalan saya jabarin brosis, melengkapi test ride yang bakalan saya tulis ini. kebetulan beberapa bulan lalu saya pergi ke Bandung untuk beberapa keperluan. kebetulan juga ada temen saya yang tinggal dibandung punya N-max. yasudah saya kontak dia, mau kesana sekalian pinjam kendaraan untuk sekedar wari-wiri disana. maka si N-max lah yang nemenin saya wara wiri di kota Bandung selama 2 hari.

sayang waktu itu saya gk sempat foto-foto bersama si N-max disana. tapi impresi dan feeling berkendara saya masih hafal betul brosist. ok de kita jabarin satu-satu:

1. spek & fitur

Mesin
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi silinder Single Cylinder
Kapasitas Mesin 155cc
Diameter x langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan kompresi 10,5 : 1
Daya maksimum 11.1 kW/8000 rpm
Torsi maksimum 14.4 Nm/6000 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic
Dimensi
P x L x T 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat Isi 127 kg
Kapasitas Tangki Bensin 6,6 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan Single Disc Brake (ABS)
Rem Belakang Single Disc Brake (ABS)
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ7V
Tipe Busi NGK / CPR8EA – 9

khusus di sektor mesin Nmax punya satu keunggulan brosist, teknologi VVA (Variable Valve Actiation). bukan teknologi baru sih karna di Honda Mobil juga teknlogi ini udah dipakai, hanya dengan nama Honda Vtech. kalo di motor kecil sepertinya bari di  Nmax ini brosist.

vva r15.jpgcara kerja teknologi ini adalah disaan rpm mesin berada diputaran redah sampai menengah, maka bukaan klep akan biasa saja (tidak terlalu lebar) begitu rpm berputar di putaran menegah sampai atas barulah bukaan klep akan melebar. ingat di dunia peroprekan mesin balap bukaan klep lang besar/lebar akan menghasilkan tenaga yang besar. jadi motor ini akan irit di rpm rendah dan kencang  di rpm tinggi. mau irit atau kenceng bebas brosist hahah

2. Desain

Tampak-Kiri-Yamaha-NMAX-160-Putih- (1)

Tampak Samping Nmax Putih

secara silsilah N-max di keluarga yamaha masuk kedalam Skuter Max series, Max series ini memiliki ciri khas skuter khas eropa yang memanjang seperti Jetski, riding position nyaman dan selonjoran, berwinshild, berbadan bongsor dan memiliki tarikan garis yang sporty. khusus N-max 155 sendiri jika dibandingkan dengan kakak nya dia tidak terlalu sporty dan garang. bentuk utamanya mengkotak dengan sudut yang membulat manis. lampu depan dan belakangya pun tidak terlalu tajam, beda dengan kakak-kakanya. tapi beberapa detail seperti panel-panel pada bodinya, pemilihan warna, bentuk kaki-kaki, membuat N-max tetap memiliki unsur sporty. ya sporty tapi elegan lah.

Tampak-Kanan-Yamaha-NMAX-160-Putih-

Tampak Samping Nmax Putih

nah lain lagi kalo dibandingkan dengan PCX 150, N-max ini bakalan terlihat sporty jika dibandingkan dengan PCX 150 secara desain dan detail aksen PCX 150 memeng pure elegan. jadi kalo di tanya N-max itu sporty atau elegan? 40% elegan 60% sporty

3. Impresi Berkendara

dsc_0512794822492.jpg

Test Ride Yamaha Nmax

dsc_05131352392371.jpg

Tampak Belakang Yamaha Nmax,

Ketika pertama bertemu, si Nmax ini terlihat begetu besar dan berisi, blok CVT nya lebar, begitu pun knalpotnya, lebih lebar dari bahu saya sepertinya. Dipamdang dari depan ke belakany, atas ke bawah bentuknya tidak lancip namun indah seirama. Hmmm hebat juga ini desainer, keren gak harus lancip.

Duduk diatas joknya sambil meraba stang hmmm ini motor sebenarnya tidak terlalu besar, cukup sebenarnya. Kaki juga menapak sempurna, aman untuk geser geser di parkiran.

dsc_05111132217527.jpg

Riding Position Yamaha Nmax, seloonjoran santai

pertama jalan pakai Nmax di Bandung feelnya beda brosist, bener bener maxi scoot banget ini, dasboard full LED lengkap, ada windshielnya setang juga beda pokonya wah lah. joknya juga lebar dan empuk, bikin betah riding ini mah. coba pijakan kaki selonjoranya rasanya aneh brosist, kaki kedepan, tangan ke belakang badan pun ikut kebelakang. takut ngejengkang ini mah kalo langsung betot gas. hee

Riding Position Normal Yamaha Nmax

Posisi duduknya nyaman dan santai, kakinya bisa di tekuk untuk kelincahan berkendara dan bisa selonjoran kalo pegal. Khas maxi scoot eropa banget

5. Handling

Untuk Handling Karakter asli si Nmax ini gak selincah matik dek rata pada umunya, selain karena dimensinya yang lebih panjang pantat nya lumayan lebar dan menonjol dasboarnya juga sedikit memberikan feeling berbeda saat berkendara. seperti memakai motor sport fairing vs naked lah. tapi meskipun begitu kelincahan dan kenyamanan berkendara termasuk normal lah, stir enteng dan masih bisa selap selip di kemacetan. masuk gang juga enak. asal hati-hati saja bodinya yang lebar rawan mentok.

ketika bertemu jalan kosong motor ini terasa anteng diajak meliuk, menikung panjang sambil gantung gas nikmat sekali, suspensinya stabil cenderung keras. sayang untuk stir yang enteng tadi harung memagang kuat stir saat kecepatan tinggi. oh iya rebah pake Nmax harus hati-hati yah. terlena dengan ke stabilan saat menikung standar bisa tiba tiba gasrok aspal loh.

6. Performa

1

Yamaha Nmax Eropa 125cc

Nah ini yang istimewa, matic memiliki kelebihan di akserasi yang 110cc saja sudah lumayan mengimbangi bahkan ngalahin 150cc sport gimana dengan ini coba.? dengan mesin berkapasitas 155 4klep dan ber teknologi VVA mesinya powerfull di putaran atas bawah. kalo di adu drag dengan si Vixion saya sepertinya di 0-100 km dia bakalan memimpin terus nih brosist

7. Kenyamanan

NMAX-15karakter suspensi sendiri termasuk kategori stif cencerung keras. kelebihanya akan menjadi nikmat saat dipakai menikung di kecepatan tinggi. namun ketika memasuki jalan bergelombang, berlubang dan keriting akan mulai terasa jedag jedugnya. untuk rider diatas 60kg akan terasa tidak apa2. namun kalo bobot brosis dibawah 60kg rasanya lumayang menyiksa pinggang. oh iya rebound atau kecepatan meredam pantulan sangat ajib, ayunan nya pas sekali brosist. mantaf

8. Kesimpulan

2017-yamaha-nmax-155-eu-matt-grey-accessorizedstatic-001.jpg

Untuk yang punya duit lebih dalam membeli motor harian motor ini layak dibeli brosist. kita yang biasa disuguhi skutik dek rata akan mendapat feel berbeda saat naik motor ini, eropanya kuat banget. dipadukan dengan setelan casual sepertinya bakalan sanyat cocok, tambah syal pun keren. hee

dari segi fitur juga lumayan menjadi nilai tambah. bagasi luas, tutup tangki bensin di depan, ada penyimpana kecil di depan, lampu LED, ban lebar tubles, menjadikan Nmax ini motor yang punya kasta diatas skutik yang beredar dipasaran.

 Kelebihan :

  • desain eropa
  • feel berbeda saat mengemudi
  • mesin powerfull dan halus
  • handling dan pengereman mantaf
  • bagasi luas

Kekurangan :

  • Bodi Belakang lebar, gampang mentok
  • suspensi stif kurang empuk
  • belum ada power outlet

di tahun 2018 ini Nmax punya pesaing baru, Honda PCX lokal Brosist, PCX yang berdesain menawan dan elegan ini hadir dengan banyak fitur menunggulli Nmax. selain fitur PCX dari dulu terkenal nyaman dan halus brosist. memang watek honda memang begitu brosist. ketika lihat pabrikan jualan barang baru laris mereka ikut ikutan. gak ada namanya si AHM mulai duluan.

img_20150802_1545321.jpg

Nmax vs PCX Kobayogas.com

jika di awal awal kemunculan Nmax yang terlihat dengan fitur melimpah dan desain benar2 baru maka di tahun 2018 ini Nmax terlihat dibawah PCX, kalah fitur kalah kenyamanan dan ditambah kebosanan desain karna populasinya yang bayak. last mudah-mudahan segera melakukan face lite yang lumayan berkesan dan menambah fitur yang sudah menjadi standar di 2018 ini. gak usah rombak total. Nmax sekarang desainya sudah sanyag diterima publik tinggal ditambah saja yang kurang. “Yang sudah bagus harap jangan di rubah.”

Ok sekian dulu Review asal asaln dari saya, gk terlalu teknis dan mendetail lah tapi lumayan juga buat referensi kalo mau minang ini motor.. sekian dulu brosist..

Chiaooooo.,,,,